Pengertian Netralisme

Pengertan netralisme – Netrasilme merupakan jenis hubungan di antara kedua spesies yang dimana kedua spesies ini bersahabat satu sama lain dalam wilayah yang sama.

Kedua mahkluk ini tidak akan saling memberikan keuntungan atau kerugian satu sama lain. Itu dikarenakan organisme tersebut lebih fokus ke sesama jenis organisme, jadi ia tidak akan peduli dengan organisme lain.

Sehingga mereka tidak akan mempengaruhi organisme lainnya, walaupun masih di dalam wilayah yang sama dan juga mereka akan lebih fokus ke makanannya sendiri.

Karena diantara kedua mahkluk hidup tersebut, masing-masing dari mereka memiliki jenis makanan yang berbeda, sehingga tidak ada saling merebut satu sama lain.

Pengertian Simbiosis Netralisme

simbiosis netralisme adalah hubungan antara mahkluk hidup yang berada di satu tempat/habitat, akan tetapi hubungan tersebut tidak mempengaruhi mahkluk hidup lainnya.

Pada kasus simbiosis yang satu ini merupakan simbiosis yang sangat netral atau tidak akan terjadi apapun dari kedua belah pihak. Jadi tidak ada pihak yang dirugikan dan diuntungkan.

Baca juga: Simbiosis Mutualisme

Contoh-Contoh Netralisme

Ada beberapa contoh-contoh netralisme yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari kita. Lalu apa saja contohnya? Berikut adalah contoh-contoh netralisme beserta penjelasannya.

1. Semut dan Rayap

Simbiosis antara semut dan rayap
pixabay.com

Pengertian netralisme yang pertama yaotu adalah semut dan rayap. Organisme ini merupakan sejenis serangga kecil yang dimana jika serangga ini ditempatkan dalam satu wilayah yang sama dengan rayap, maka mereka tidak akan merugikan maupun menguntungkungkan.

Itu dikarenakan rayap dan semut sama-sama mencari makanan dan juga tempat tinggal dengan cara bergotong royong dengan kelompoknya.

Pada hubungan ini semut dan rayap tidak akan mendapatkan apapun dari kedua belah pihak, mereka lebih memilih hidup damai dari pada saling merugikan satu sama lain.

1. Katak dan Ikan

Simbiosis antara katak dan ikan
pixabay.com

Katak adalah jenis hewan amfibi yang dapat hidup dan tinggal di darat dan air. Katak biasanya akan mencari makanan di dalam air yang tentunya katak akan bertemu dengan beberapa jenis ikan.

Akan tetapi katak tidak akan memakan makanan yang akan dikonsumsi ikan, begitu juga sebaliknya, ikan juga tidak akan memakan makanan yang akan dikonsumsi katak. Selain itu katak dan ikan juga tidak akan berebut wilayah satu sama lain.

Sehingga kedua mahkluk ini hidup dengan tentram, tidak ada saling merugikan satu sama lain baik itu katak maupun ikan.

Baca juga: Pengertian Parasitisme

2. Ikan Lele dan Ikan Sapu-Sapu

Contoh simbiosis ikan lele dan ikan sapu-sapu
pixabay.com

Seperti yang kita ketahui, biasanya ada beberapa jenis ikan yang diamana jika mereka berada di dalam satu tempat yang sama, dan dengan satu makanan yang sama, maka mereka akan saling memperebutkan makanan tersebut.

Tetapi berbeda dengan ikan lele dan ikan sapu-sapu. Hubungan yang terjadi di antara kedua ikan ini tidak akan saling berselisih untuk memperebutkan makanan.

Hal ini disebabkan makanan yang mereka makan berbeda, yaitu ikan lele memakan pelet, sedangkan ikan sapu-sapu memakan lumut, sehingga kedua ikan tersebut tidak akan saling memperebutkan makanan satu sama lain.

3. Semut dan Rayap

Simbiosis antara semut dan rayap
pixabay.com

Semut dan rayap merupakan sejenis serangga kecil yang dimana jika serangga ini ditempatkan dalam satu wilayah yang sama dengan rayap, maka mereka tidak akan merugikan maupun menguntungkungkan.

Itu dikarenakan rayap dan semut sama-sama mencari makanan dan juga tempat tinggal dengan cara bergotong royong dengan kelompoknya.

Pada hubungan ini semut dan rayap tidak akan mendapatkan apapun dari kedua belah pihak, mereka lebih memilih hidup damai dari pada saling merugikan satu sama lain.

Baca juga: Simbiosis Komensalisme

4. Kumbang dan Lebah

Simbiosis antara kumbang dan lebah
pixabay.com

Kumbang dan lebah merupakan jenis serangga yang bisanya mencari makanan di sekitar tumbuhan, terutama bunga. biasnya kumbang akan mencari makanan di daerah daun pada suatu tumbuhan.

Sedangkan para lebah akan mencari makanan nya di sekitar nektar yang terdapat pada tumbuhan bunga.

Ketika keduanya berada di dalam satu wilayah atau tanaman yang sama, maka keduanya tidak akan saling mengganggu satu sama lain, itu dikarenakan masing-masing dari mereka sibuk mencari makanannya sendiri.

5. Gajah dan Jerapah

Simbiosis antara gajah dan jerapah
pixabay.com

Pengertian netralisme selanjutnya adalah gajah dan jerapah. Di sabana atau lebih tepatnya di Afrika, biasanya sering sekali kita menjumpai gajah dan jerapah saling hidup berdampingan. Hubungan yang terjadi diantara mereka merupakan jenis hubungan netralisme.

Gajah dan jerapah merupakan hewan herbivora, apabila mereka disatukan di dalam satu wilayah yang sama, maka mereka akan berteman dengan baik dan tidak akan terjadi perkelahian satu sama lain.

Hal ini dikarenakan mereka tidak akan bersaing dalam perebutan makanan dan wilayah, sebab jenis makanan mereka saling berbeda.

6. Burung Hantu dan Kambing

Simbiosis antara burung hantu dan kambing
pixabay.com

Burung hantu merupakan burung predatot yang suka mencari mangsanya di waktu malam hari. Akan tetapi burung hantu juga memiliki hubungan netralisme dengan kambing. Kok bisa?

Itu Karena Kambing hanya memakan rumput pada pagi hari tanpa mengusik burung hantu yang sedang tertidur di pohon. Sedangkan itu burung hantu hanya mencari makanan atau mangsanya pada malam hari. yang dimana ketika malam hari kambing sedang tertidur ditempatnya.

Lalu burung hantu yang sedang mencari mangsanya tidak akan pernah mengganggu kambing yang sedang tertidur di tempatnya, melainkan burung hantu hanya fokus kepada mangsanya dan tidak memperdulikan burung hantu.

7. Panda dan Kera

Contoh simbiosis panda dan kera
pixabay.com

Kera merupakan jenis hewan yang memiliki sifat aktif, tetapi berbeda dengan panda, panda merupakan jenis hewan yang memiliki sifat pemalas, bahkan panda jarang sekali untuk bergerak.

Jika panda dan kera disatukan dalam kandang atau wilayah yang sama, maka keduanya tidak akan bersaing untuk memperebutkan wilayah, melainkan mereka berdua akan tinggal dengan tenang tanpa adanya perselisihan.

Hal inilah yang menyebabkan bahwa hubungan interaksi antara panda dan kera adalah suatu hubungan damai atau biasa disebut dengan netralisme.

8. Kupu-Kupu dan Kerbau

Simbiosis antara kupu-kupu dan kerbau
pixabay.com

Hubungan netralisme mereka bisa terjadi karena diantara kedua organisme tersebut tidak ada yang saling merugikan satu sama lain, melainkan merekan hidup dengan tenang.

Sebagai contohnya adalah ketika kerbau yang sedang mencari makanan berupa rumput di suatu wilayah, dan di wilayah tersebut terdapat beberapa kuou-kupu yang sedang mencari makan disekitar bunga.

Lalu kerbau juga tidak akan mengganggu kupu-kupu tersebut yang sedang mencari makan, itu karena kerbau tau bahwa itu bukan makanannya, sedangkan kupu-kupu juga tidak akan mengganggu kerbau yang sedang makan rumput.

9. Ayam dan Kambing

Simbiosis antara ayam dan kambing
pixabay.com

Pengertian netralisme selanjutnya adalah ayam dan kambing. Ayam merupakan jenis hewan omnivora, ayam dapat memakan cacing yang termasuk hewan dan beras atau jagung yang termasuk tumbuhan.

Walaupun demikian, ternyata ayam juga memiliki hubungan dekat dengan kambin, hal ini dapat dibuktikan ketika kalian lihat mereka disatukan di dalam tempat yang sama, maka mereka tidak akan saling memperebutkan makanan dan juga wilayah, Karena mereka akan sibuk dengan makanannya sendiri.

Sehingga interaksi antara ayam dan kambing dapat dikatakan hubungan kedua organisme ini bisa disebut sebgai sebagai contoh-contoh netralisme, karena keduanya tidak akan saling bersaing ataupun saling memangsa.

10. Lebah dan Capung

Simbiosis antara lebah dan capung
pixabay.com

Contoh-contoh netralisme yang terakhir adalah lebah dan capung. kedua mahkluk tersebut merupakan mahkluk yang sering terbang bebas di alam.

Bahkan jika keduanya tersebut bertemu di dalam suatu wilayah yang sama, maka kedua serangga tersebut tidak akan saling bertengkar dan bersaing.

Itu bisa terjadi ketika lebah sedang membuat sarangnya disuatu tempat, maka para capung tidak akan mengusik dan mengganggu para lebah yang sedang membuat sarang. Sebaliknya, lebah juga tidak merasa terganggu akan kehadiran capung.

Penutup

Itulah pengertian netralisme beserta contoh-contoh netralisme. Terimakasih bagi yang sudah membaca artikel ini, maaf jika ada salah atau kekurangan kata mohon dimaklumi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *