Jenis Hewan Laut

Jenis hewan laut – Laut merupakan sebuah perairan air asin yang yang menutupi 70 persen wilayah bumi, dan 30 persennya adalah daratan.

Laut sendiri sangat berpengaruh pada iklim bumi, karena laut memiliki peran yang sangat penting, terutama dalam siklus nitrogen, siklus air, dan siklus karbon.

Dalam luasnya lautan, ada banyak sekali makhluk hidup yang tinggal di dalam lautan, mulai dari yang berukuran besar, berukuran kecil, berkaki, dan masih banyak lagi.

Pada artikel ini, saya akan mengulas semua tentang hewan laut, mulai dari ciri-ciri hewan laut, dan juga jenis hewan laut.

Ciri-Ciri Hewan Laut

Bintang Laut, Pasir, Makhluk Laut,  Jenis hewan laut
pixabay.com

Sebelum mengetahui contoh-contoh hewan laut, alangkah baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu ciri-cirinya. Berikut adalah ciri-ciri hewan laut.

  • Memiliki alat pernafasan berupa insang, kecuali ikan paus.
  • Memiliki sirip.
  • Memiliki sebuah kelopak┬ámata yang tidak bisa ditutup.
  • Memiliki warna tubuh yang beragam.
  • Sebagian besar tidak memiliki kaki, tetapi hanya memiliki tentakel dan tentakel hanya dimiliki oleh bangsa gurita.
  • Dapat bertahan hidup di suhu manapun.
  • Memiliki usus yang pendek.

Baca juga: Hewan Karnivora

Jenis Hewan Laut

1. Gurita

Ikan, Gurita, Air, Aquarium, Ikan Akuarium, Biru, Laut
pixabay.com

Gurita merupakan jenis hewan laut yang sangat umum kita jumpai di laut. Gutisa sendiri merupakan hewan yang sangta khas, yaitu dia memiliki tentakel yang berguna untuk meraba, memakan dan menggenggam.

Hewan ini juga mempunyai sistem pertahanan yang unik, yaitu jika sang gurita sedang merasa terancam atau sedang dikejar oleh predator, maka gurita akan mengeluarkan tinta hitam yang berfungsi untuk mengelabui musush

2. Cumi-Cumi

Cumi Cumi, Gurita, Mata, Makanan Laut, Nelayan, Laut
pixabay.com

Selanjutnya yaitu adalah cumi-cumi. Cumi-cumi merupakan hewan laut yang hampir mirip dengan salah satu hewan laut yaitu adalah gurita.

Cumi-cumi juga memiliki sebuah tentakel layaknya gurita dan juga mempunyai tinta yg berfungsi untuk kabur atau mengelabui pandangan musuh.

Oh iya, cumi-cumi juga sering sekali dijadikan sebagai hidangan makanan loh, karena cumi-cumi sendiri memiliki tubuh yang sangat lunak dan kenyal ketika dimakan.

Baca juga: Hewan Omnivora

3. Lumba-Lumba

Lumba-Lumba, Satwa, Laut, Air, Melompat
pixabay.com

Lumba-lumba merupakan jenis hewan mamalia laut yang tergolong cerdas dan pintar. Sehingga tak heran, banyak sekali teknologi jaman sekarang yang terinspirasi dari lumba-lumba.

Selain itu, lumba-lumba juga memiliki sistem yang digunakan untuk mengirim dan menerima rangsangan yang disebut sebagai sistem sonar. Sistem ini dapat menghindari objek di depan lumba-lumba, sehingga lumba-lumba dapat menghindari tabrakan.

4. Hiu

Hiu Blacktip, Hiu, Berbahaya, Ikan Pemangsa, Laut
pixabay.com

Hiu adalah sekelompok ikan predator air yang memiliki kerangka tulang rawan yang lengkap, serta tubuh yang ramping. Mereka bernapas dalam 5 rongga insang atau lebih tergantung sepsiesnya.

Tubuh hiu kulit dermal denticles, yang berguna untuk melindungi tubuh mereka dari kerusakan fatal dan juga untuk melindungi tubuh merek dari parasit.

Baca juga: Hewan Omnivora

5. Paus

Ikan, Alam, Laut, Langit, Renang, Air, Paus, Ikan Biru
pixabay.com

Paus merupakan jenis hewan yang termasuk dalam kelompok mamalia yang hidup di lautan. Paus sendiri bukanlah tergolong dalam keluarga ikan.

Hewan yang satu ini bernapas dengan menggunakan paru-paru, dan juga hewan ini berkembang biak dengan cara melahirkan, sehingga cara berkembang biak paus hampir mirip dengan manusia.

6. Lobster

Menyelam, Laut, Karang, Air, Tropis, Bawah Air, Laut
pixabay.com

Lobster merupakan salah satu hewan laut yang termasuk dalam spesies genus Homarus. Lobster sendiri memiliki kulit yang keras sehingga akan sangat susah jika ada predator yang ingin menyerangnya.

Lobster banyak ditemukan di daerah berpasir dengan tempat berkarang pada kedalaman 5-100 meter. Lobster adalah hewan yang bersifat nokturnal atau aktif pada malam hari.

7. Kepiting

Kepiting, Galapagos, Ekuador, Alam,  Jenis hewan laut
pixabay.com

Kepiting adalah hewan yang termasuk dalam subfilum Crustacea dari ordo Decapoda (artinya “hewan berkaki sepuluh”, yang mengacu pada 10 organ motorik).

Kepiting memiliki tubuh yang dilindungi oleh kerangka luar yang sangat keras, serta tersusun dari kitin, dan juga kepiting memiliki sepasang capit yang berguna untuk melindungi diri dari predator lain.

8. Tuna

Ikan, Seafood, Ikan tuna, Segar, Andaman, Laut
pixabay.com

Selanjutnya adalah Ikan tuna, ikan yang satu ini merupakan jenis hewan laut yang sering kita jumpai dilautan dalam. Biasanya ikan tuna diburu oleh nelayan untuk dikonsumsi dagingnya.

Selain itu, ikan tuna memiliki kecepatan berang yang jauh lebih cepat dari ikan pada umumnya, ikan ini dapat berenang mencapai 77 km/jam atau bahkan lebih cepat lagi. Sehingga ikan ini sangat susah sekali untuk di tangkap.

9. Bintang Laut

Starfish, Kerang, Pasir, Pantai, Jenis hewan laut
pixabay.com

Bintang laut adalah jenis hewan laut yang berbentuk seperti bintang, sehingga orang-orang banyak menyebutnya sebagai bintang laut atau stafish.

Hewan ini memiliki semacam kemampuan yang sangat unik, yaitu bintang laut dapat melakukan regenerasi yang sangat tinggi, seinggga jika ada salah satu bagian tubuh yang terpotong maka bintang laut dapat menumbuhkannya kembali.

10. Kuda Laut

Unduk Unduk, Kuda Laut, Kehidupan Air, Laut, Bawah Air
pixabay.com

Kuda laut adalah salah satu jenis hewan laut yang tinggal di bawah permukaan laut. Ukuran kuda laut sendiri sangat bervariasi mulai dari 16mm hingga 35cm.

hewan ini merupakan satu-satunya hewan yang dimana proses kehamilannya bukan dikandung oleh kuda laut betina, melainkan dikandung oleh kuda laut jantan.

11. Penyu

Penyu, Laut, Bawah Air, Biru, Reptil, Berenang, Kerang
pixabay.com

Penyu merupakan hewan laut yang hmpir mirip dengan kura-kura, perbedaan yang mencolok diantara mereka yaitu terdapat pada kakinya, kaki pada penyu menyerupai sirip sedangkan kura-kura memiliki kuku tajam pada kakinya.

Selain itu, penyu juga terbilang hewan yang memiliki umur panjang, yaitu penyu dapat bertahan hidup hingga 60-70 tahun lamanya.

12. Ubur-Ubur

Ubur-Ubur, Jeli Laut, Satwa, Kehidupan Laut, Hewan laut
pixabay.com

Ubur-ubur adalah salah satu hewan laut yang sangat menarik di lautan, itu dikarenakan tubuh pada ubur-ubur sangatlah cantik, bahkan ada beberapa ubur-ubur yang dapat bersinar di kegelapan.

Tidak hanya itu, ternyata ubur-ubur juga memiliki sengatan tergantung dari sepsies mereka. Ada 1 ubur-ubur paling mematikan yaitu adalah jenis cubozoa, jenis ini dapat membunuh manusia dalam 1 kali sengatan saja.

13. Ikan Badut

Ikan Anemon, Ikan Badut, Akuarium,  Jenis hewan laut
pixabay.com

Selanjutnya adalah ikan badut. ikan ini merupakan salah satu ikan tercantik di lautan. Bagimana tidak, ikan ini memiliki 2 warna cerah pada kulitnya, yaitu orange dan putih.

Akan tetapi ikan badut memiliki suatu fakta mengejutkan, yaitu hewan ini terlahir sebagai jantan semua. Walaupun jantan semua, ikan badut masih tetap bisa berkembang biak.

Ikan badut berkembang biak dengan cara berkelompok yang dibagi menjadi 2 posisi, yang dimana jika ada 6 ekor ikan badut lalu ada 2 ikan badut yang bertubuh besar, maka ikan yang bertubuh besar akan berganti peran sebagai ikan betina.

14. Ikan Pari

Ikan Pari, Berbau, Bawah Air, Jenis hewan laut
pixabay.com

Ikan pari merupakan ikan yang bertulang rawan dengan ekor layaknya cambuk. Diperkirakan ada lebih dari 300 spesies di seluruh belahan dunia.

Hewan ini memiliki tubuh yang gepeng dan lebar, dengan sepasang sirip dada menyatu di sisi kiri dan kanan kepala. Hal inilah yang membuat ikan pari berbentuk seperti oval.

15. Tiram Mutiara

Kerang, Mutiara, Berharga, Bersinar, Pasir, Laut
pixabay.com

Tiram mutiara atau biasa dikenal sebagai kerang mutiara merupakan jenis hewan laut yang termasuk kedalam hewan tidak bertulang belakang atau invertebrata

Kerang mutiara memiliki dua pasang cangkang yang berbentuk pipih dan bewarna kung kecoklatan, akan tetapi cangkang tersebut tidak berbentuk sama, cangkang kiri berbentuk cembung sedangkan cangkang kanan agak pipih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *