Hewan Karnivora

Hewan karnivora merupakan jenis hewan yang gemar memakan daging. Hewan ini juga sering disebut sebagai hewan predator yang mendapatkan makanan dengan cara berburu.

Selain itu, karnivora menempati posisi konsumen skunder dalam rantai makanan, lalu herbivora menempati posisi konsumen primer. dan omnivora menempati posisi puncak.

Pada artikel ini saya akan meringkas semua tentang hewan karnivora muali dari pengertian hewan karnivora, ciri-ciri, jenis, dan contohnya. Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Hewan Karnivora

Menurut penjelasan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, karnivora atau karnivor bisa diartikan sebagai hewan yang memakan daging.

Sementara itu kata karnivora merupakan bahasa yang berasal dari Bahasa Latin dari kata โ€œcaroโ€ yang artinya daging dan โ€œvorareโ€ yang artinya makanan. Karena itulah kata karnivora memiliki arti yaitu hewan yang pemakan daging.

Ciri-Ciri Hewan Karnivora

ciri-ciri hewan karnivora
pixabay.com

Hewan karnivora adalah hewan predator yang memangsa dengan cara menyerang. Ada beberpa ciri-ciri hewan karnivora yang perlu kalian ketahui. Berikut adalah ciri-ciri hewan karnivora:

  • Memiliki gigi atau taring yang tajam, berfungsi untuk merobek daging.
  • Memiliki Kuku atau cakar yang tajam, berfungsi untuk mencakar mangsanya.
  • Memiliki racun yang dapat melumpuhkan atau mematikan mangsanya.
  • Memiliki kecepatan lari yang cepat, berfungsi untuk mengejar mangsanya.
  • Memiliki paruh yang tajam untuk merobek daging.

Baca juga: Hewan Herbivora

Jenis-Jenis Hewan Karnivora

jenis-jenis hewan karnivora
pixabay.com

Ada beberapa jenis-jenis hewan karnivora berdasarkan makanannya, Berikut adalah jenis hewan karnivora yang perlu kalian ketahui:

1. Karnivora Obligat

Karnivora obligat. Jenis karnivora ini merupakan jenis yang bergantung pada daging sepenuhnya untuk bertahan hidup.

Tubuh pada hewan karnivora obligt juga tidak dapat mencerna makanan seperti tumbuhan dan tumbuhan juga tidak dapat memberikan nutrisi yang baik untuk karnivora obligat. Contoh hewan karnivora obligat adalah Singa

2. Hypercarnivora

Kebanyakan orang mengetahui bahwa karnivora merupakan hewan yang sepenuhnya memakan daging. Tetapi berbeda dengan hypercarnivora.

Mereka disebut hypercarnivora, karena mereka merupakan jenis karnivora yang yang hanya memakan daging untuk setidaknya 70% dari makanan yang mereka santap. Mereka dapat memakan tumbuhan untuk membentuk sisa makanan mereka.

3. Mesokarnivora

Mesokarnivora adalah jenis karnivora yang hanya bergantung pada daging 50% dari makanan yang mereka santa[. Contoh hewan mesokarnivora adalah seperti rubah yang dapat memakan buah-buahan.

Baca juga: Hewan Omnivora

4. Hipokarnivora

Hipokarnivora adalah jenis karnivora yang hanya bergantung pada daging sekitar 30% dari makanan yang mereka santap.

Sebagian besar jenis hipokarnivora yaitu adalah spesies beruang, karena beruang dapat memakan jenis buah-buahan, umbi-umbian dan juga kacang-kacangan.

Contoh Hewan Karnivora

Sebagian besar jenis hewan karnivora biasanya hidup di darat, tetapi ada juga yang hidup dan tinggal di dalam air dan udara. Ada beberapa contoh hewan jenis ini yang perlu kalian ketahui, diantara lain sebagai berikut:

1. Singa

contoh hewan karnivora

Singa atau yang biasa diberi julukan sebagai “Raja Hutan” ini adalah jenis hewan predator yang sangat ditakuti oleh berbagai jenis hewan, jadi tak heran jika singa diberi julukan sebagai “Raja Hutan”.

Hewan ini hidup secara berkelompok, dan setiap anggotanya memiliki pekerjaan masing-masing. biasanya singa betina akan menjadi tim pemburu, sedangkan singa jantan akan melindungi wilayah kekuasaan serta melindungi singa betina dari kelompok lain.

Singa memiliki cara berburu tersendiri yaitu dengan cara menyerang mangsanya beramai-ramai ketika mangsa tersebut sedang lengah.

Lalu Ketika mangsa tersebut lengah, singa akan menerkam mangsanya dari belakang menggunakan taring yang dia hingga mangsanya tumbang.

Singa sendiri memiliki makanan favorit yang sering dia makan, seperti jerapah, kuda, banteng, zebra, rusa, dan masih banyak lagi, yang diamana hewan-hewan tersebut merupakan makanan favorit sehari-harinya.

Baca juga: Jenis Hewan Mamalia

2. Harimau

contoh hewan karnivora
pixabay.com

Harimau merupakan spesies kucing terbesar yang memiliki ciri khas tersendiri, terutama pada bulunya. Harimau memiliki bulu loreng dengan garis-garis vertikal bewarna hitam pada bulu oranye, dengan bulu pada bagian bawah bewarna putih.

Hewan ini adalah jenis hewan pemangsa soliter yang memangsa musuhnya secara individual, dan tidak akan meilbatkan harimau lain untuk bekerja sama dalam memburu. Mereka cenderung akan memangsa musuhnya dengan cara berkelompok.

Harimau sendiri memiliki makanan favorit yang sering dia makan, yaitu seperti babi, kuda, zebra, rusa, dan masih banyak lagi, yang diamana hewan-hewan tersebut merupakan makanan sehari-harinya.

3. Buaya

contoh hewan karnivora
pixabay.com

Buaya merupakan jenis predator yang hidup di darat dan di air. Cara berburu buaya terbilang cukup unik, yaitu dia akan menunggu mangsanya di dalam air, ketika ada mangsa yang mendekat untuk minum, maka buaya akan menunggu waktu yang tepat untuk memangsanya.

Ketika buaya sudah mendapatkan mangsanya, lalu buaya akan menyeret mangsa tersebut kedalam air, sehingga mangsa tersebut akan kehabisan nafasnya.

Selain itu, ternyata buaya juga memiliki rahang yang 3x lebih kuat dari pada singa atau hewan predator lainnya, karena buaya memiliki rahang berkekuatan sekitar 3.700 per inci persegi (psi), atau 16.460 newton.

Kekuatan tersebut dapat merobek daging dengan sangat mudah. Sehingga sangat mustahil untuk melarikan diri dari gigitan sang buaya.

Baca juga: Jenis Hewan Reptilia

4. Ikan Hiu

contoh hewan karnivora
pixabay.com

Ikan hiu adalah jenis hewan predator air asin yang sangat terkenal di kalangan jenis-jenis ikan laut lainnya. Ikan hiu sendiri memiliki struktur tubuh yang sangat unik yakni mempunyai kerangka tulang rawan yang sangat lengkap dengan tubuh ramping.

Hiu memiliki lima sampai tujuh insang yang terletak di samping badan atau sedikit kebelakang pada bagian kepala. Ikan hiu sendiri memiliki kulit dermal deticles yang berfungsi untuk melindungi kulit mereka dari luka.

Hewan ini biasanya lebih suka memangsa ikan-ikan dan invertebrata kecil yang dimakan oleh hiu berukuran sedang atau kecil. sedangkan, hiu berukuran besar lebih suka memakan hewan-hewan laut yang memiliki tubuh besar seperti, singa laut dan anjing laut.

5. Burung Elang

contoh hewan karnivora
pixabay.com

Burung elang atau biasa disebut dengan elang adalah jenis hewan predator berdarah panas yang memiliki sayap dengan bulu di sekujur tubuhnya.

Elang berkembang biak dengan cara bertelur, yang diaman telur tersebut memiliki cangkang yang keras. Elang biasanya akan menyimpan telurnya di dalam sarang yang telah dia buat. Ketika telur itu menetas, maka elang akan menjaga anaknya hingga anaknya dapat terbang dengan bebas.

Selain itu elang memiliki sepasang kaki yang dilengkapi dengan kuku yang tajam, sehingga dapat mencengkram mangsanya dengan kuat. Tidak hanya itu, predator ini memiliki mata yang sangat istimewa, dikarenakan elang dapat melihat mangsanya dalam jarak puluhan meter.

Elang memiliki dua pusat fokus di bagian mata yang memungkinkan elang untuk meilhat kesamping dan ke depan dalam waktu yang bersamaan. Sehingga elang dapat menemukan mangsanya dengan sangat mudah.

Penutup

Itulah beberapa pengertian dari hewan karnivora beserta dengan ciri-ciri, jenis dan contohnya yang perlu kalian ketahui.

Terimakasih bagi yang sudah membaca artikel ini, maaf jika ada salah atau kekurangan kata mohon dimaklumi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. terima kasih mydreamku, skrg saya jadi tahu bahwa Ikan hiu adalah jenis hewan predator air asin๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ™๐Ÿ™