Cara Menanam Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan jenis umbi-umbian yang sangat populer di Indonesia, bahkan sudah mulai banyak daerah di Indoneisa yang memproduksi danmembudidayakan ubi jalar.

Tanaman ubi jalar sangat cocok ditanam di musim apapun terutama pada musim kemarau, karena ubi jalar tahan terahdap kekeringan, sehingga sangat cocok tinaman di daerah yang jarang terkena hujan.

Sekarang ini sudah banyak sekali bahan olahan makanan yang terbuat dari ubi jalar, bahkan sudah sering disajikan di beberapa restoran mewah maupun restoran biasa.

Lantas bagaimana cara menanam ubi jalar? terdapat 2 cara menanam ubi jalar yang bisa kalian terapkan. Lalu bagaimana caranya? berikut adalah cara menanam ubi jalar.

Cara Menanam Ubi Jalar Dengan Batangnya

1. Menyiapkan Batang

Hal pertama yang harus kalian lakukan ialah menyiapkan batangnya, kalian dapat memotong batang dari ubi jalar yang sudah tumbuh menggunakan alat pemotong dan potonglah batang tanaman sepanjang 15-30cm.

Kemudian ikatlah batang-batang yang sudah di stek tadi lalu simpanlah batang-batang tersebut di tempat yang teduh, tunggulah selama 1 minggu. Oh iya sebelum di ikat jangan lupa di papas terlebih dahulu daun-daunnya agar tidak terjadi penguapan.

Baca juga: Cara menanam cabe

2. Pemilihan Tanah

Memilih tanah yang bagus untuk menanam ubi jalar
news.detik.com

Langkah selanjutnya adalah pemilihan tanah. Pada langkah ini kalian harus benar-benar mimilih tanah yang berkualitas untuk dijadikan meda tanam nantinya.

Tanah yang dibutuhkan untuk ubi jalar ialah

  • Tanah yang gembur
  • Tanah tempung berpasir
  • Tanah yang mengandung banyak hara

Derajat keasaman pada tanah yang bagus untuk menanam ubi jalar yaitu sekitar 5,5-7,5 pH, dan kalian boleh menanam ubi jalar di lahan bekas sawaw maupun di lahan tegelan.

Sebelum menanam ubi jalar alangkah baiknya tanah yang akan dipaki lebih baik di cangkul atau dibacak terlebih dahulu agar tanah tersebut gembur.

Kemudian buatlah sebuah bedengan setinggi sekitar 30cm, lebar sekitar 60cm dengan jarak diantara bedengan yaitu 40cm, panjang bedengan mengikuti sesua bentuk dari lahan.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Melati

3. Proses Penanaman Ubi Jalar

Proses menanam ubi jalar
rahasiabelajar.com

Langkah yang ketiga yaitu penanaman ubi jalar. Pada langkah ini kalian boleh menanamkan 2/3 stek batang ubi jalar ke dalam tanah.

Dalam 1 bedengan terdapat 2 baris tanaman yang dimana jarak antara tanaman dalam satu baris yaitu sekitar 30cm dan jarak antara baris yaitu sekitar 40cm.

Baca juga: Cara Menanam Kemangi

4. Perawatan Ubi Jalar

Merawat ubi jalar yang baik dan benar
pertanianku.com

Langkah senajutnya yaitu perawatan ubi jalar. DI langkah yang ini merupakan langkah yang paling penting, karena kalian harus benar benar merawat tanaman ubi jalar dengan baik agar menjadi ubi yang berkualitas.

Dalam waktu 2-3 minggu setelah masa penanaman kalian harus memeriksa seluruh kondisi tanaman, jika terdapat tanaman yang gagal tumbuh kalian boleh menyulamnya dengan yang baru, cara menyulamnya yaitu dengan mencabut tanaman yang mati tadi lalu gantilah dengan stek batang yang baru.

Setelah tanaman berusia 4 minggu segelah lakukan pembakaran tanah di bagian sebelah kanan dan kiri tanaman dengan radius 10 dari tanaman. Hal ini bertujuan untuk mencegah akar tanaman menjalar kemana-mana.

Lalu ketika tanaman berusia 6-8 minggu lakukanlah perapihan akar. Cara nya adalah dengan merapikan akar-akar yang keluar dari tanah/jalur penanaman.

Oh iya tanaman ubi jalar tahan terhadap kekeringan, sehingga tidak memerlukan air secara terus-menerus, tetapi jika mau kalian boleh menyiram tanaman ubi jalar setiap 1 atau 2 minggu sekali.

5. Panen

Pemanenan ubi jalar ketika suda berusia  4 bulan
tribunnews.com

Setelah semua langkah-langkah diatas sudah kalian lakukan dengan benar, maka kalian boleh memanen ubi jalar ketika sudah berusia 4 bulan.

Namun ada sesuatu yang perlu kalian ketahui yaitu cuaca. ketika ubi jalar sudah siap panen perhatikanlah cuacanya, karena ketika ubi jalar yang sudah siap panen tertimpa hujan yang deras, janganlah di panen terlebih dahulu karena dapat menyebabkan pembusukan, Kalian dapat memanennya yaitu maksimal satu minggu setelah terkena hujan.

Jika 1 bibit menghasilkan 1kg umbi, maka pemanenan bisa dinyatakan berhasil. Setelah ubi jalar dipanen, cucilah ubi jalar tersebut dan juga disortir, setelah itu kalian dapat memasukannya ke karung dan simpan di tempat yang kering.

Berapa Lama Masa Panen Ubi Jalar?

Ubi jalar memiliki 2 jenis yaitu genjah dan varietas. Ubi jalar berjenis varietas dapat kalian penan ketika sudah berumur 4,5 bulan sampai 5 bulan. Sedangkan ubi jalar berjenis genjah dapat kalain panen ketika sudah berumur 3 bulan sampai 3,5 bulan lamanya.

Manfaat Ubi Jalar

Manfaat ubi jalar untuk tubuh beserta kandungannya
tribunnews.com

Lantas apa manfaat ubi jalar untuk tubuh? Seperti yang kita ketahui, ubi jalar sangat bagus untuk tubuh karena memiliki banyak kandungan didalamnya.

Di dalam 200 gram ubi jalar memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat. Lantas apa saja kandungannya? Berikut adalah kandungan yang terdapat pada pada ubi jalar

  • Karbohidrat: 41,4 gram
  • Kalori: 180
  • Lemak: 0,3 gram
  • Protein: 4 gram
  • Vitamin C: 65%
  • Vitamin A: 76%
  • Vitamin B6: 29%
  • Serat: 6,6 gram
  • Mangan: 50%
  • Kalium: 27%
  • Tembaga: 16%
  • Asam pantotenat:18%
  • Niasin: 15%

Selain itu ada beberapa manfaat penting jika kita mengonsumsi ubi jalar. Manfaat dari ubi jalar diantara lain yaitu

  • Dapat melawan dan mencegah penyakit kanker
  • Bagus untuk merawat dan menyehatkan mata
  • Dapat menyehatkan sistem pencernaan
  • Meningkatkan sistem imun pada tubuh
  • Mengatasi diabetes
  • Mengontrol gula darah
  • Membantu menurunkan berat badan

Penutup

Itulah cara menanam ubi jalar yang baik dan benar berserta dengan manfaat ketika kita mengonsumsi ubi jalar. Terimakasih bagi yang sudah membaca artikel ini, semoga artikel ini dapat membantu kalian.

Tinggalkan komentar